Merayakan Perpindahan

07.47 0 Comments

Hari ini saya tidak banyak menulis. Sekadar membubuhi satu dua kalimat pengantar untuk tulisan yang sudah pernah saya bagikan. Boleh kan?

Untuk sahabat-sahabat yang bulan-bulan lalu merayakannya, seorang sahabat yang sore ini baru saja merayakannya, seorang anak didik di kelas yang besok pagi merayakannya, dan sahabat-sahabat yang berencana merayakannya. Apa yang kalian pikirkan tentang 'merayakan perpindahan'?

Kata orang koleris, perpindahan itu memandang masa depan dari sudut optimisme. Bahwa yang baru adalah ruang mengintrospeksi yang lama. Lantas ia punya satu kesempatan untuk memperbaikinya.

Kata orang sanguinis, perpindahan itu mengambil keputusan seketika agar ia tak sia-sia. Tentang sesiapa di masa depan yang akan ia jumpa sebagai tempat bercerita. Tentang hal besar baru apa yang akan jadi bahan ia bercerita dan berbangga.

Kata orang plegmatis, perpindahan itu hal yang pasti akan dijumpa tiap manusia. Perpindahan adalah tentang hal yang tak mesti dijelaskan dengan alasan. Entah tentang apa ataupun dimana, akan selalu ada alir hidup untuk selalu ia dengar kisahnya. Akan selalu ada ruang untuk mengambil hikmah dari hal baru yang akan ia jumpa.

Kata orang melankolis, perpindahan itu bukan perkara sederhana. Bukan tentang seberapa repot mengemas sederet perabot yang ia punya. Tapi tentang kotak atau tas mana yang akan memuat segudang kenangan untuk ia bungkus lalu dibawa serta. Bahwa tak bijak meninggalkan seukir kebaikan dan kebahagiaan begitu saja.

Bagi siapapun, perpindahan akan selalu dekat dengan dua hal. Kenangan dan masa depan.
Tetap jaga dan ambil hikmah setiap jengkal kenangan, selamat menyambut masa depan, sahabat, nak!

Erna

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: